Blogger-Info © 2014 | Facebook Twitter Google+
Powered By : Blogger

Senin, 03 November 2014




NAMA                   :  SELI LISNAWATI SUMINAR
KELAS                  : V (Lima)
SEKOLAH              :
TUGAS                 :

MANFAAT SERTA KERUGIAN YANG DI TIMBULKAN OLEH AIR


1.     Hakikat Air
Semua butuh yang namanya air, 80% tubuh kita pun mengandung air. Air memang salah satu dari ribuan ciptaan Allah SWT. yang dianugrahkan untuk makhluk ciptaannya. Se tetes air di tengah gurun pasir menjadi nikmat yang luar biasa. Limpahan air di lautan menjadikan kita sangat dahaga ketika meminumnya. Dari kedua gambaran tadi dapat kita ambil pelajaran. Pelajaran apa itu? Pelajaran akan ungkapan syukur kita kepada sang pemilik air, Allah SWT.
Tetes demi tetes maka akan berkumpul menjadi samudra. Dan akan menjadi kekuatan dahsyat, yang mampu menghancurkan apa pun dihadapannya. Inilah hakikat air, meski terkesan sedikit dan tak membahayakan, ketika yang sedikit tadi bertemu maka akan menjadi kekuatan yang luar biasa.

2.     Air
Air adalah cairan jernih tidak berwarna, tidak berasa, dan tidak berbau yang terdapat dalam kehidupan manusia sehari-hari. Air adalah zat kimia yang penting bagi semua bentuk kehidupan
yang diketahui sampai saat ini di bumi, tetapi tidak di planet lain. Air sebagian besar terdapat di laut dan pada lapisan-lapisan es, akan tetapi juga dapat hadir sebagai awan, hujan, sungai, muka air tawar, danau, uap air, dan lautan es.

3.     Jenis Air
Saat ini terdapat berbagai jenis air minum yang ditawarkan seperti air tanah, air dari Perusahaan Air Minum (PAM), Air Minum Dalam Kemasan (AMDK), air mineral, dan air heksagonal.

4.     Manfaat Air
Manfaat dari air yaitu memperlancar sistem pencernaan, dengan mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan, sehingga akan terhindar dari masalah-masalah pencernaan. Kemudian, air dapat membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, serta mencegah penyakit batu ginjal dan hati. Manfaat selanjutnya yaitu sebagai perawatan kecantikan, bila tubuh kurang minum air, tubuh akan menyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Air juga bermanfaat untuk kesuburan yaitu dapat meningkatkan produksi hormon testosteron pada pria dan hormon estrogen pada wanita. Dalam bidang medis, air dapat menyehatkan jantung dan sebagai obat stroke. Terakhir manfaat dari air yaitu membuat tubuh lebih bugar, karena air putih mengandung zat-zat yang sangat diperlukan oleh tubuh.

Air merupakan sumber kehidupan pertama bagi manusia, selain hewan dan tumbuhan tentunya. Banyak sekali manfaat yang bisa di berikan oleh air untuk tubuh manusia, diantara penjelasannya sebagai berikut :
Air Bekerja Dengan Ajaib
Bila Kita minum banyak air bersih dan jernih, maka hal tersebut akan memacu peningkatan kesehatan Kita, di mana para peneliti menemukan bahwa, makin hari makin banyak keuntungan dengan minum air dalam jumlah yang cukup bagi kesehatan, termasuk:

Pencernaan dan metabolisme yang lebih baik
Minum air dalam jumlah yang cukup menjadikan baik pencernaan maupun metabolisme dapat bekerja pada kapasitas maksimalnya.  Faktanya, penelitian terbaru dari University of Utah menyatakan bahwa kekurangan air dapat menyebabkan menurunnya metabolisme.

Memperbaiki kemampuan dan daya tahan tubuh
Anda akan mampu bekerja lebih keras/berat bila mendapatkan air yang cukup.  Sebagai tambahan, air dapat memperkuat daya tahan tubuh Anda.  Karena air dapat menaikkan simpanan glycogen, suatu bentuk dari karbohidrat yang tersimpan dalam otot dan digunakan sebagai energi saat Anda bekerja.

Tahan lapar
Rasa lapar kadang merupakan penyamaran dari rasa haus.  Sewaktu anda mengalami dehidrasi (kekurangan air) Anda mungkin merasa ingin makan padahal yang Anda butuhkan sebenarnya adalah air.  Anda juga dapat memanfaatkan efek rasa kenyang dari minum air untuk mencegah makan berlebihan.

Mengurangi risiko terhadap beberapa macam penyakit
Para peneliti saat ini meyakini bahwa cairan atau tepatnya air dapat berperanan aktif dalam mengurangi resiko terhadap beberapa penyakit seperti: batu ginjal, kanker saluran kencing, kanker kandung kemih, dan kanker usus besar (colon).  Minum cukup air dapat pula menghindari sembelit.

Senjata ampuh melawan masuk angin atau pilek
Antibodi dalam lendir yang melapisi kerongkongan berfungsi untuk menjerat virus pilek.  Daya tahan ini akan melemah apabila Anda dehidrasi (kekurangan air) kerana akan menyebabkan lendir mengering.  Sebagai catatan banyak ahli kesehatan merekomendasikan air sebagai ekspektoran yang efektif untuk mengurangi batuk.

Pelembab wajah paling ampuh
Dengan minum banyak air membantu kulit Anda tetap kenyal dan kencang serta mengurangi garis-garis dan kerut pada wajah.

Menangkal rasa letih akibat melakukan perjalanan
Udara panas dapat menyebabkan Anda dehidrasi dan akan menimbulkan rasa letih pada saat dan setelah perjalanan.  Minumlah banyak air sebelum melakukan perjalanan dan satu gelas tiap jam perjalanan Anda.

Mengatasi migrain/sakit kepala
Para peneliti menyatakan bahwa dehidrasi dapat mengakibatkan migrain/sakit kepala, jadi bila Anda sering mengalami migrain adalah sangat penting untuk minum air dalam jumlah yang cukup.

Sedangkan Fungsi Air yang utama adalah :

  1. Membentuk sel-sel baru, memelihara dan mengganti sel-sel yang rusa
  2. Melarutkan dan membawa nutrisi-nutrisi, oksigen dan hormon ke seluruh sel tubuh yang membutuhkan
  3. Melarutkan dan mengeluarkan sampah-sampah dan racun dari dalam tubuh kita
  4. Katalisator dalam metabolisme tubuh
  5. Pelumas bagi sendi-sendi
  6. Menstabilkan suhu tubuh
  7. Meredam benturan bagi organ vital

5.     Dampak dari Kekurangan Air
Apabila kita kurang mengkonsumsi air maka akan memiliki dampak yaitu, tubuh akan mengalami dehidrasi, gangguan fungsi kepandaian otak, mengganggu fungsi ginjal, timbul berbagai gejala ringan dan berat, rentan terkena infeksi kandung kemih, dan kulit jadi kusam.







Kesimpulan nya.
  • Air sebagai Sumber kehidupan
Air adalah harga mati yang harus dipenuhi, Jika kebutuhan akan air ini tidak bisa dipenuhi dan tidak ada persediaan air di muka bumi ini, maka tak ada kehidupan lagi dimuka bumi ini. Di banyak tempat di dunia dan dimuka bumi ini terjadi kekurangan persediaan air dan akibatnya banyak kehidupan yang tak mampu bertahan hidup dan kahirnya musnah. Dan sumber kehiudpanpun akan sulit seperti untuk bercocok tanam akan sulit karena tanah akan membtuhkan air untuk kesuburannya.
Persedian air, Selain di permukaan Bumi ini, Sebagian besar air jug terdapat pada kutub utara dan selatan planet Mars, serta pada bulan-bulan Europa dan Enceladus. Air dapat berwujud padatan seperti es, cairan seperti air dan gas seperti uap air. Air adalah sumber kehidupan untuk manusia dan mahkluk lainnya yang merupakan anugerah dari Tuhan yang maha kuasa untuk kita jaga dan jangan mecemarinya karena air adalah sumber kehidupan yang fatal harus dipenuhi baik itu untuk manusia, Hewan dan tumbuhan dan mahluk hidup lainnya yang ada di muka bumi ini.
  • Air sebagai Sumber berkah
Salah satu ciptaan dan nikmat tuhan yang maha kuasa yang pantas dan patus kita syukuri adalah Air, Dengan alasan apapun setiap ciptaannya di muka bumi ini sangatlah berpengaruh dalam kehidupan ini seperti Air yang sangat kita butuhkan dalam kehiudpan sehari-hari baik itu secara pribadi ataupun umum.


 Air Dapat Menimbulkan Sumber Bencana
Air adalah sumber kehidupan dan berkah untuk manusia dan mahkluk lainnya yang ada dimuka bumi ini namun air juga bisa sangat mematikan dan mengerikan untuk kehidupan ini. Telah terbukti banyak kekuatan yang telah ditunjukan oleh air atas kekuatan itu dan tak bisa dianggap sepele dan remeh mengenai kekuatan yang dimiliki yang namanya air ini. Seringkali manusia tak berdaya menghadapi kekuatan yang dimilikinya seperti :
1. Kekeringan dan Kemarau
Kekeringan dan Kemarau dapat timbul karena gejala alam yang terjadi di permukaan bumi kita ini. Kekeringan terjadi karena adanya pergantian musim dan dampak dari iklim. Musim kemarau dan Kekeringan sungai dan sumber air lainnya akan mengalami kekeringan. Pada saat kekeringan,sungai dan dan sumber air lainnya tidak dapat berfungsi dengan baik. Akibatnya Air yang kita dibutuhkan sehari-hari menjadi langka keberadaannya dimuka bumi ini dan ini merupakan kondisi yang umumnya mengganggu keseimbangan makhluk hidup.
2. Tsunami
Ombak yang sangat besar yang menyapu daratan akibat adanya gempa bumi di laut yang disertai dengan angin rebut dan lain sebagainya maka terjadilah yang namanya Tsunami. Tsunami sangatlah berbahaya karena bisa menyapu bersih pemukiman warga yang dilaluinya dan menyeret segala isinya ke laut lepas yang dalam dan juga mampu membunuh banyak manusia dan makhluk hidup lainnya yang terkena arus dan dampak dari tsunami tersebut.

3. Banjir
Akibat curah hujan yang tinggi dengan tidak diimbangi dengan saluran dan resapan pembuangan air yang tidak memadai dan tidak berfungsi pada suatu tempat sehingga Banjir bisa terjadi atau jebolnya sistem aliran air yang ada sehingga daerah yang rendah terkena dampak kiriman banjir akibat pengiriman air tidak dikendalikan dengan baik. Banjir tentunya sangat merugikan Kehiudpan manusia dimuka bumi ini spserti kehilangan tempat tinggal, harta benda dan mata pencarian seperti layaknya para petani yang sering terjadi seperti gagal panen dan masalah lainnya yang sering kita jumpai di sekeliling kita. Banjir disebabkan karena kurangnya kesadaran manusia itu sendiri seperti pembuangan sampah sembarangan, Penebangan Hutan secara illegal mengakibatkan tidak ada resapan untuk air tersebut dan banjir juga bisa datang dari Alam seperti curah hujan yang tinggi.
Dari Ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa air adalah sumber kehiudpan bagi manusia dan mahkluk lainnya yang ada dimuka bumi ini, air adalah berkah dari tuhan yang maha kuasa yang nikmatnya tak bisa ternila harganya dan air juga bisa menjadi sebuah bencana bagi manusia.

Terima Kasih telah membaca Catatan di atas,

★ yang Di buat : Pada hari ★ Senin, 03 November 2014 ★ Pukul : ☞ Dengan Judul : ★

Manfaat serta Kerugian AIR Bagi Manusia

★ Penulis :
Perlu di Ketahui:
 Catatan ini di buat oleh Operator Warnet COPAS dari
Dokumen Microsoft Office Word (Tugas Pengunjung Warnet),
yang kebanyakannya sudah langsung di Print Out,,
Catatan ini Hanya untuk Archive Data/Dokumen
dari para Pengunjung Warnet,
ada juga Data dari Hasil Kerja Operator
dalam melayani Konsumen yang datang,
hanya sebagai Bahan dasar Pengerjaan Tugas,
bilamana suatu saat nanti di butuhkan kembali,
dan sebagai Bahan Pembelajaran untuk Semuanya.
                        
Semoga bermanfaat..(^_^)

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook

DAFTAR ISI
Total Kunjungan