Blogger-Info © 2014 | Facebook Twitter Google+
Powered By : Blogger

Rabu, 17 Desember 2014

Saatnya berbagi,, karena berbagi tak pernah rugi... sekarang ane coba share

Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel...

semoga bermanfaat..

  • Buka Microsoft Excel. Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Excel. 
  • Ikuti langkah-langkah dibawah ini. Biar lebih mudah disamakan saja.
Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel
  • Pertama kita buat Rumus Tambah. klik kotak 6B dan tulis rumus =SUM(3B+4B) di Fx lalu Enter
Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel
  • Rumus =SUM(3B+4B) itu maksudnya Colom No 3 Row B ditambah Dengan Colom No 4 Row B. 6B itu Kotak Hasil 1+ 5 = 6 . Hasil bisa kita tempatkan dikotak mana saja, asal kotaknya masih kosong belum ada rumusnya.
  • Untuk Rumus kurang, klik Kotak 6C. 
  1. Masukan Rumus Kurang di Fx=SUM(3C-4C)
  2. Rumus Bagi di Kotak 6D =SUM(3D/4D)
  3. Rumus Kali di Kotak 6E =SUM(3E*4E)
  • Maka Hasil keseluruhan akan seperti gambar dibawah ini.
Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel

  • Jika pada saat Enter Rumus ada Tulisan Seperi dibawah ini. Klik ok, tulisan itu keluar karena rumus yang digunakan adalah rumus manual yang berbeda dengan rumus asal dari excel tapi fungsinya sama untuk +X-:

Cara Menuliskan Mata Uang Rupiah Secara otomatis di Excel 2007

Cara Menuliskan Mata Uang Rupiah Secara otomatis di Excel 2007

1. Buatlah tulisan seperti gambar diatas. Lalu klik satu kotak dan tarik sampai beberapa kotak.
2. Selanjutnya, Klik General Dibagian atas Toolbar Excel kita
3. Dan Klik More Number Formats... Maka akan muncul kotak seperti dibawah ini.
Cara Menuliskan Mata Uang Rupiah Secara otomatis di Excel 2007
4. Pilih General > Accounting
5. Cari simbol mata uang Rupiah(Rp)
6. Selanjutnya Decimal Places
  • Decimal Places maksudnya adalah kita menentukan jumlah 0 dibelakang angka, jika pilih 3 maka pada saat kita masukan angka 1 di kotak excel maka akan menjadi 1000, jika 2 maka akan menjadi 100. contoh gambar.
Cara Menuliskan Mata Uang Rupiah Secara otomatis di Excel 2007

7. Jika kita tentukan Jumlah 0 dibelakang angka sebanyak 3. Ketika menuliskan angka 1 maka 1=Rp.1,000 dan 0,5=Rp.0,500 dan 1,5=Rp.1,500
8. Rumus Penjumlahan kebawah dalam bentuk banyak adalah =SUM(I4:I10).

Cara Mengurutkan Nama sesuai Abjad di Microsoft Excel 2007

1. Buatlah daftar nama yang tidak berurutan abjadnya. Lalu Blok nama-nama itu. Cara Blok klik nama pertama > tahan > lalu tarik sampai nama terakhir > lepas.

Cara Mengurutkan Nama sesuai Abjad di Microsoft Excel 2007

2. Selanjutnya Klik Sort Filter Sebelah kanan atas dan klik Sort A to Z Jika ingin mengurutkan nama mulai dari abjad A sampai Z, Sort Z to A Sebaliknya. Jika muncul tulisan Sort Warning seperti dibawah ini Pilih Continoe > Ok.
Cara Mengurutkan Nama sesuai Abjad di Microsoft Excel 2007
3. Selesai. Lihat Hasilnya. Nama Berurutan dimulai dari abjad A-Z , Seperti gambar dibawah ini.
Cara Mengurutkan Nama sesuai Abjad di Microsoft Excel 2007
4. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengurutkan Angka.


Cara Membuat Perhitungan Otomatis di Excel 2007. Microsoft excel atau microsoft office excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet(Lembar Kerja Elektronik. Aplikasi ini menampilkan lembaran tabel yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Windows dan Mac OS. Cara menggunakannya pun mudah sehingga Microsoft Excel menjadi salah satu program komputer yang populer digunakan oleh pengguna komputer sampai saat ini.

Perhitungan otomatis sangat membantu kita untuk menghitung dengan cepat, tanpa harus berpikir dulu berapa jumlah dari hasil perkalian, pengurangan, pembagian dan penambahan dari suatu perhitungan. Hasilnya pun otomatis muncul, dan tidak harus diketik sendiri oleh kita. Berikut cara membuat perhitungan otomatis di excel 2007.
Ikuti langkah-langkah dibawah ini.
1. Buka Microsoft Excel 2007 kamu. Dan Klik Formula pada bagian atas sidebar. Lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

Cara Membuat Perhitungan Otomatis di Excel 2007
2. Selanjutnya Klik Calculation Options > Centang Automatics. Seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Perhitungan Otomatis di Excel 2007
3. Selanjutnya kita buat percobaan. Buatlah kotak penjumlahan seperti dibawah ini.
Cara Membuat Perhitungan Otomatis di Excel 2007
4. Masukan angka ke beberapa kotak seperti diatas, selanjutnya klik Kotak B10 dan klik Autosom(di sebelah kanan atas home). dan Enter
Cara Membuat Perhitungan Otomatis di Excel 2007
Keterangan: B10 adalah kotak tempat hasil penjumlahan dari kotak B2 sampai B9. Jadi setiap kita masukan angka dari kotak B2-B9 Maka Kotak B10 akan Menjumlahkannya Secara Otomatis.
Cara Membuat Perhitungan Otomatis di Excel 2007
5. Selesai. Setelah kita mengatur perhitungan secara otomatis, maka pengurangan, perkalian dan pembagian juga akan menghitung secara otomatis.

Cara membuat nomor urut di Microsoft excel 2007

cara membuat nomor urut di Microsoft excel 2007

  1. Ketik angka 1 dan 2 seperti diatas
  2. Blok ke 2 angka tersebut, Caranya klik kotak A1 tarik Ke A2 lalu Lepas
  3. Selanjutnya Tarik Tepat di kotak hitam kecil yang Bertanda panah hitam tersebut ke bawah sampai 10 atau sampai berapa saja yang kita suka.Selesai.
  4. Cara ini bisa juga kita gunakan ke kanan kotak, Nomer berkelang zig-zag. Lihat gambar dibawah ini.
cara membuat nomor urut di Microsoft excel 2007 

Cara Konversi Bilangan Desimal, Biner, Oktal, Heksadesimal di Excel

Ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Buka Microsoft Excel 2007.
  • Dan Buat Tabel Konversi seperti gambar dibawah ini. Dan Masukan angka yang mau di Konversi Dikotak A2. Kotak A2 tidak perlu diberi rumus. isi saja angka yang akan dikonversi ke bentuk bilangan lain. A2 adalh kotak angka desimal yang akan kita ubah menjadi bilangan Hexadesimal, Biner Dan Oktal.
Cara Konversi Bilangan Desimal, Biner, Oktal, Hexadesimal di Excel
  • Masukan Rumus ini di kolom B2 =DEC2HEX(A2) .
  • Rumus Lengkapnya Seperti ini.
  1. Untuk Desimal ke Hexadesimal =DEC2HEX (di Kotak B2) 
  2. Desimal ke Biner =DEC2BIN (di Kotak C2) 
  3. Desimal ke Oktal =DEC2OCT (di Kotak D2)
  • Inti dari rumus ini adalah Desimal(DEC), Biner(BIN), Oktal(OCT), Hexadesimal(HEX). Ditambah ditengahnya angka 2 yang berarti untuk dikonversi(diubah)
  • Contoh: Kita mau konversi Biner ke Oktal. Jadi Rumus yang kita tulis adalah. =BIN2OCT. Contoh gambar dari semua Konversi.
Cara Konversi Bilangan Desimal, Biner, Oktal, Hexadesimal di Excel




Cara Print Banyak Kotak di Excel

Cara print banyak kotak di excel dalam satu lembar kertas. Standarnya excel hanya dapat diprint dalam beberapa kotak saja, sesuai dengan lebar dari kotak-kotak tersebut. Perlu pengaturan2 tambahan agar excel dapat di print dengan banyak kotak, dari lebar kertas, lebar dan tinggi document, juga bentuk kertas yang akan kita gunakan, apakah itu lanscape yang melebar kesamping atau portrait yang memanjang kebawah.

Seperti contoh gambar dibawah ini, yang menggunakan lanscape yang melebar kesamping.
cara print banyak kotak di excel

Untuk lebih jelasnya tentang cara print banyak kotak diexcel dalam satu lembar kertas, ikuti langkah2 dibawah ini.
  1. Buatlah tulisan dengan kotak yang banyak, atau buka dokumen anda sendiri.
  2. Selanjutnya, klik Page Layout di bagian menu atas.
  3. Lalu ganti width dan height menjadi 1 page. seperti gambar dibawah ini.
  4. cara print banyak kotak diexcel
  5. Selanjutnya print, selesai.
Dari pengaturan diatas, maka berapa banyak pun kotak diexcel akan di print dalam satu lembar kertas.
Adapun Hal2 lain yang harus diperhatikan, untuk print banyak kotak dalam satu lembar.
  • Karena menggunakan banyak kotak kesamping, maka aturlah kertas dalam bentuk Landscape. Caranya klik page layout > Orientation > Landscape.
  • Mengatur Margin kiri-kanan-atas-bawah kertas. Klik Page layout > Margin > dan pilih margin yang kalian inginkan.
  • Dan yang terakhir mengatur ukuran kertas yang digunakan. Caranya, klik Print > Properties > Printer Paper Size > lalu pilih dengan ukuran kertas yang digunakan(contoh:A4).
Selesai sudah tentang cara print banyak kotak dalam satu lembar kertas di excel. Jika ada yang ditanyakan silakan masukan komentar dibawah.
Gambar diatas adalah contoh kombinasi penggunaan nomor urut atau angka. Silahkan dicoba sendiri dan Semoga Bermanfaat.

Terima Kasih telah membaca Catatan di atas,

★ yang Di buat : Pada hari ★ Rabu, 17 Desember 2014 ★ Pukul : ☞ Dengan Judul : ★

Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel

★ Penulis :
Perlu di Ketahui:
 Catatan ini di buat oleh Operator Warnet COPAS dari
Dokumen Microsoft Office Word (Tugas Pengunjung Warnet),
yang kebanyakannya sudah langsung di Print Out,,
Catatan ini Hanya untuk Archive Data/Dokumen
dari para Pengunjung Warnet,
ada juga Data dari Hasil Kerja Operator
dalam melayani Konsumen yang datang,
hanya sebagai Bahan dasar Pengerjaan Tugas,
bilamana suatu saat nanti di butuhkan kembali,
dan sebagai Bahan Pembelajaran untuk Semuanya.
                        
Semoga bermanfaat..(^_^)

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook

DAFTAR ISI
Total Kunjungan